oleh

Tutorial Setting Plugin SEO Yoast Dasar WordPress

Hallo kembali lagi dengan artikel seputar wordpress, kali ini saya akan sharing artikel tutorial setting plugin SEO Yoast yang menjadi plugin SEO paling pupuler seantero WordPress mania karena memiliki banyak fitur serta rajin melakukan update demi memperbaiki bug, error dan hal lain yang membuat performa plugin menjadi menurun.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang plugin SEO Yoast alangkah baiknya kamu kudu baham dulu apa itu SEO dalam dunia web developer, blogger dan internet marketing, baca di sini: Apa itu SEO.

Mulai dari blog, website, yotube dan halaman-halaman afiliate yang bisa di rangking dengan teknik SEO. Jika kali ini membahas tentang plugin SEO yoast berati hanya untuk wordpress saja.

Setting Plugin SEO Yoast Dasar di WordPress

Setting Plugin SEO Yoast Dasar WordPress
Setting Plugin SEO Yoast Dasar WordPress

Jika kamu ingin mengoptimalkan halamanmu dengan SEO salah satunya dengan plugin SEO Yoast untuk masalah SEO on page, lain halnya jika kamu mengoptimalkanya dengan tenik SEO off page, mendorongnya dari luar lain lagi. Tidak usah banyak basa-basi kita akan langsung ke tutorial setting plugin SEO Yoast dasar.

Waktu yang dibutuhkan: 10 jam.

Berikut ini langkah-langkah cara setting plugin SEO Yoast di wordpress.

  1. Install Yoast

    Silahkan install plugin yoast terlebih dahulu, dengan cara masuk ke menu Plugin > Tambah baru (Add new) > Ketik di kolom pencarian “Yoast”, maka akan muncul hasil pencarianya seperti di bawah ini, lalu klik Install > AktifkanInstall Plugin SEO Yoast

  2. Buka Pengaturan Plugin Yoast

    Setelah selesai mengaktifkan, maka wordpress kamu akan muncul menu baru di bagian bawah menu setting ada menu SEO, silahkan buka. Setelah membuka maka akan muncul halaman setting yang perlu kamu isi seperti gambar di bawah ini.Setting Dasar Plugin SEO Yoast

  3. Buka Menu Webmaster Tools

    Untuk mengontrol dan menganalisa sebuah website yang bisa berkomunikasi dengan robot google, kita perlu mendaftarkanya menggunakan google webmaster tool, dan beberapa web master lainya seerti yandex, baidu, yahoo dll.

    Untuk itu tentang apa saja mesin pencari yang bisa mendatangkan trafik akan dibahas di artikel lainya seputar: Tutorial Webmaster Tool Untuk Pemula.

    Setelah membuka halaman webmaster tools kamu akan mendapati beberapa kolom seperti di bawah ini.Web Master Tools SEO Yoast

  4. Masukan Kode Verifikasi

    Silahkan klik masing-masing link yang ada di panduan yang berwarna biru, maka secara otomatis kamu akan dialihkan ke halaman verifikasi, login dengan akun kamu, maka akan muncul seperti di bawah ini.Web Master Central Tag

  5. Simpan Perubahan

    Masukan hanya kode tag saja, tidak perlu seluruh kodenya seperti gambar di bawah ini, lalu simpan.Verifikasi Tag HTML

  6. Kembali ke halaman web master

    Setelah memasukan tag, kemabli ke halaman web master, lalu klik verifikasi, jika berhasil maka akan muncul centang hijau seperti gambar di bawah ini.Verifikasi Google Console Berhasil

  7. Buka Tampilan Pencarian

    Setelah selesai verifikasi google console saatnya kamu ke hal dasar berikutnya, yaitu mengenai snippet, tampilan pencarian untuk blog dan artikel yang akan muncul di SERP google.Yoast Dasar Snippet

  8. Sesuaikan Judul dan Deskripsi Homepage

    Untuk bagian dasar adalah mengatur jenis penghubung untuk sebuah blog, biasanya akan menggunakan tanda |, – atau >, contohnya blog mazkin menggunakan penghubung – untuk blognya. dengan contoh hasilnya akan seperti: Blog Mazkin – Belajar bersama tutorial wordpress, blogger, web hosting dan domain.

    Blog Maskin adalah judul utama, sedangkan Belajar bersama tutorial wordpress, blogger, web hosting dan domain adalah tagline atau deskripsi blog, yang akan muncul hanya di blog.

    Contohnya adalah blog saya alvindayu.com hasil snippet google seperti gambar di bawah ini.Alvindayu Blog

  9. Isi Knowledge Graph

    Knowledge Graph adalah sebuah ciri untuk blog kamu, siapa pemiliknya. Sebuah organisasi atau perseorangan yang nantinya akan tersimpan berbentuk json.

    Isi seperti berikut.Isi Nama dan Info Personal Serta Logo atau Avatar

  10. Sesuaikan Snippet Konten

    Pada menu jenis konten kamu bisa menyesuaikan snippet konten kamu yang akan muncul di mesin pencari dengan jenis konten artikel atau halaman blog.

    Karena blog mazkin menggunakan setting default, jadi tidak perlu diubah, karena memang tingkat dasar.Snippet Konten Blog SEO Yoast

  11. Setting Breadcrumbs

    Buka menu Breadcrumbs pada tab selanjutnya, maka kamu akan dihadapkan kepada 2 pilihan. jika themes kamu sudah support Breadcrumbs, kamu tidak perlu lagi setting bagian ini. Jika themes kamu belum support maka kamu bisa mengaktifkan Breadcrumbs.

    Apa itu Breadcrumbs? Breadcrumbs adalah remah kue yang temukan oleh Hansel and Gretel.

    Berfunsi untuk menunjukkan letak spesifik sebuah halaman pada website. Misalnya kamu saat ini sedang berada di sebuah postingan dengan judul: Tutorial Setting Plugin SEO Yoast Dasar WordPress, maka untuk menemukan letakmu; Breadcrumbs membuat sebuah jejak dengan spesifik terbalik seperti Homepage > Kategori Postingan > Tutorial Setting Plugin SEO Yoast Dasar WordPress.
    Setting Breadcrumbs SEO Yoast

  12. Pergi ke Menu Sosial Yoast

    Untuk bagian ini, kamu perlu mengisinya demi memberi identitas suatu blog dengan keterkaitan antara blog dan akun sosual media, isi sosial media apa saja yang kamu punya di setiap kolomnya, dan biarkan kosong jika kamu tidak memilikinya.Sosial SEO Yoast

  13. Aktifkan atau non Aktifkan meta Open Graph

    Ada beberapa meta Open Graph pada json sosial media, ini bertujuan untuk meta saat di share ke sosial media. Isi den sesimple dan semenarik mungkin agar yang menemukan blogmu di sosial media merasa tertarik.Setting meta Open Graph

  14. Lakukan hal yang sama dengan meta Opengraph twitter dan pinterest

    Setelah mengisi beberapa kolom yang dibutuhkan untuk facebook, lakukan hal yang sama pada meta pinteret dan twitter.

  15. Selesai

    di atas adalah langkah per langkahnya yang bisa kamu praktekan setting SEO Yoast dasar, jika kalian ingin belajar lebih dalam, ada tutorial SEO menengah sampai expert yang akan di bahas secara berkala.

Sampai di sini saya rasa setting dasar ini sudah cukup untuk blog kamu yang masih unyu, jika selanjutnya ada kesempatan saya akan membahas setting kelas menengah sampai mahir untuk masalah SEO Yoast yang sebenarnya begitu kompleks. Mulai dari sitemap, pemilihan judul dan hal lain yang bisa menguatkan SEO On Pages blog kamu.

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed