oleh

Tutorial Install WordPress Di Domain Hosting Melalui cPanel

Hallo teman-teman semua, artikel pertama untuk blog ini akan membahas tentang domain, hosting yang di isntall wordpress. Bagaimana sih caranya. Ada beberapa cara yang bisa di praktekan untuk install wordpress di web hosting server kita melalui cPanel.

Dalam artikel ini akan saya bahas 2 cara install worpdress dengan cara manual maupun menggunakan teknologi softaculous yang ada di cPanel hosting bawaan.

Sebelum menganal lebih jauh tentang wordpress alangkah baiknya kamu tahu dulu apa itu cPanel, domain dan hosting.

cPanel

Tampilan cPanel
Tampilan cPanel

Cpanel adalah sebuag alat untuk mengkontrol suatu web hosting tanpa menggunakan FTP (File Transfer Protocol), jadi secara gampangnya kamu seperti sedang mengotak atik bagian dalam sebuah web hosting mulai dari kontrol file, cronjob, database, ssl dan keamanan web hosting.

Domain

Domain adalah semuah alamat website yang bisa di akses darimanapun menggunakan koneksi internet, contoh domain antaralain adalah mazkin.org ada ekstensi domain lainya yang populer yang sering digunakan saat ini yaitu .com

Contoh Domain
Contoh Domain

Hosting

Dari mananya mungkin kamu sudah bisa menganalogikan sebuah hosting yang berarti gampangnya adalah sebuah rumah. Masing-masing rumah memiliki luasnya sendiri-sendiri untuk menyimpan barang-barang yang ada di dalam rumah dengan artian file web kamu adalah sebuah isi dari rumahmu.

Setelah membahas 3 hal cPanel, Domain dan hosting kita akan lanjut ke pembahasan inti, yaitu tutorial install wordpress di cPanel mulai dari domain yang di parkir ke hosting sampai web sudah terinstall wordpress.

Cara Install WordPress di Hosting Melalui cPanel

Parkir Domain ke Hosting

Ada 2 cara untuk mengarahkan domain ke hosting kamu, yang pertama yaitu dengan mengganti nameserver hosting register ke name server hosting kamu sendiri. Dan yang ke 2 dengan cara mengarahkan IP adress: A Record ke IP Adress hosting kamu.

Untuk cara ini kamu bisa membacanya di artikel lain saya di sini: Turorial Mengarahkan Name Server Domain Ke Hosting

Add Domain Hosting Melalui cPanel

Setelah kamu mengarahkan domain ke hosting yang kamu miliki sekarang kamu sudah bisa add domain melalu cPanel dengan tutorial di bawah ini.

1. Login ke cPanel

Untuk login ke cPanel periksa email yang kamu gunakan untuk membeli hosting di penyedia layanan, atau di beberapa penyedia layanan hosting memiliki fitur login otomatis ke cpanel, tetapi saya sering langsung login menggunakan IP Adress misalnya ip kamu adalah 124.141.19.237 tambahkan :2082 untuk login ke cpanel contohnya 124.141.19.237:2081

Login ke cPanel
Login ke cPanel

2. Addon Domains

Setelah login kamu akan diarahkan ke dalam cPanel dengan tampilan seperti di atas. lalu pilih menu add domain seperti gambar di bawah ini.

Addon Domains cPanel
Addon Domains cPanel

3. Masukan Nama Domain

Setelah membuka menu Addon Domains kamu akan diarahkan ke halaman kolom untuk mengisi nama domain kamu beserta ekstensinya. Tampilanya akan seperti di bawah ini.

Masukan Nama Domain
Masukan Nama Domain

5. Klik Add Domain

Setelah selesaSetelah kamu memasukan nama domain kamu, klik add domain, maka jika berhasil akan ada directory folder dengan nama domainkamu.com di public_html. Silahkan di cek.

Install WordPress Otomatis Dengan Softaculous

1. Buka cPanel

Kembali ke halaman awal cPanel, dengan cara klik logo cPanel di bagian kiri atas. Setelah kamu kembali ke halaman awal cari menu softaculous di bagian bawah, atau logo wordpress seperti gambar di bawah ini.

Softaculous Software Installer WordPress
Softaculous Software Installer WordPress

2. Buka WordPress Apps

Buka icon logo wordpress seperti di atas, lalu kamu akan dialhkan ke halaman installernya untuk melakukan setting. Seperti gambar di bawah ini.

3. Setting dan Isi Semua Kolom

Isi semua kolom yang dibutuhkan untuk setting wordpress kamu, mulai dari memilih versi sampai memilih themes semua ada di sini.

Install WordPress Otomatis
Install WordPress Otomatis

4. Klik Install

Setelah kamu meng-klik Install maka akan ada proses loading bar, tunggu sampai loading hilang dan muncul tampilan seperti di bawah ini. Itu tandanya wordpress kamu sudah selesai di install.

Install WordPress Otomatis Selesai
Install WordPress Otomatis Selesai

Install WordPress Manual

Saya anggap kamu sudah memarkir domain kamu ke hosting dan melalukan addon domain. dan websitemu sudah bisa di akses. Pertama-tama yang perlu kamu lakukan yaitu mendownload file wordpress di wordpress.org

1. Download WordPress

Download wordpress dengan mengunjungi https://wordpress.org/ atau langsung ke ke link https://wordpress.org/latest.zip

2. Buka File Manager cPanel

Setelah membuka file manager cari folder dengan nama domainkamu.com atau jika cuma ada 1 web di dalamnya maka kamu pergi ke public_html. Tampilanya akan seperti di bawah ini. yang tidak memiliki isi apapun.

3. Buka Folder Domain

Buka folder domain kamu yang sudah kamu buat melalui addon domain sebelumnya.

Upload File cPanel
Upload File cPanel

4. Upload File WordPress

Pilih File Upload cPanel
Pilih File Upload cPanel

Upload file wordpress yang sudah kamu download sebelumnya di hosting kamu lalu extract. Extract file yang berhasil kamu upload 100%, sebelumnya silahkan reload halaman dengan cara klik Reload.

5. Ectract File WordPress

Setelah kamu berhasil extract maka akan muncul folder bernama wordpress, isi file wordpress ada di dalam folder itu. Seperti di bawah ini.

Buka Folder WordPress
Buka Folder WordPress

6. Buka Folder WordPress

Silahkan buka folder wordpress dengan cara klik 2x, maka akan muncul banyak file CMS WordPress yang perlu kamu pindah ke root folder domain kamu.

Isi Folder WordPress
Isi Folder WordPress

7. Pindah FIle ke Root Domain

Untuk membuat domain kamu berisi file wordpress kamu perlu memindah file hasil extract pada root domain folder kamu. Dengan cara di bawah ini.

Pindah File ke Root Domain Kamu
Pindah File ke Root Domain Kamu
Pindah File cPanel
Pindah File cPanel

8. Buka MySQL Database

Setelah berhasil memindah silahkan kembali ke halaman awal cPanel, dengan cara klik logo cpanel, lalu buka menu MySQL.

MySQL Databases cPanel
MySQL Databases cPanel

9. Buat User Database

Setelah membuka menu MySQL Database, silahkan buat database untuk wordpressmu. isi bebas, dan catat nama user databasemu. Selanjutnya untuk tutorial tentang MySQL Databsae bisa baca di sini: http://mazkin.org/category/tutorial/mysql/

10. Install WordPress Manual

Buka domain kamu, maka akan muncul pilihan bahasa wordpress, setelah memilih bahasa kamu akan dialihkan ke pengaturan database, masukan nama database, username, dan passwords saja, server dan prefix tidak usah di ganti.

Isi Database Name Username Passwords dan Host
Isi Database Name Username Passwords dan Host

11. Submit

Sampai di sini jika berhasil maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. setelah itu lanjutkan, kamu akan dialihakn ke pengaruran login wordpress dan nama situsmu.

Berhasil Installl WordPress Manual
Berhasil Installl WordPress Manual

Sampai di sini semua sudah beres, saatnya kamu mempraktekanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed