oleh

Tutorial Cara Menulis di WordPress [Khusus Pemula]

Kalo ngomongin masalah blog, saya rasa semua orang juga akan setuju kalo WordPress adalah CMS paling populer di dunia. Dikutip dari halaman W3techs.com, bahwa saat ini WordPress sudah digunakan 38,5% dari seluruh website di dunia. Walau demikian populer, masih banyak juga lho orang yang belum tahu cara menulis di WordPress.

Wajar saja, mungkin yang seperti ini adalah orang-orang yang masih baru kenal dengan WordPress. Apalagi dengan tampilannya yang selalu baru di setiap bulan, WordPress akan cukup membingungkan bagi mereka yang masih pemula.

Maka dari itu, artikel ini hadir untuk kasih solusi bagi kamu yang masih bingung dengan langkah-langkah cara nulis artikel di WordPress. Namun artikel ini di khususkan bagi kamu yang masih pemula.

Apa yang Dibutuhkan?

Untuk mulai menulis dan membuat tulisan atau artikel di blog WordPress, maka kamu harus sudah memiliki sebuah website yang dibuat dengan menggunakan CMS (Content Management System) WordPress. Jika kamu belum membuatnya, ya kamu buat dulu. Cara buat WordPress bisa gratis dan bisa versi berbayar, baca artikel saya sebelumnya ya.

Maka dari itu, untuk bisa menulis di WordPress yang akan kamu butuhkan adalah sebagai berikut:

1. Akun Wp-Admin

Pastikan bahwa kamu memang sudah memiliki akun WordPress blog yang akan kamu isi dengan artikel. Jangan lupa, akun WP-admin ini harus kamu simpan dengan baik. Karena akun inilah yang akan kamu gunakan untuk menulis di blog WordPress.

Akun WP-Admin ini kamu dapatkan dan kamu buat ketika kamu menginstal website via Cpanel.  Kamu harus tahu username dan juga password yang kamu buat ketika kamu menginstal blog WordPress kamu tersebut.

2. Plugin SEO

Plugin SEO sebenarnya bukan bagian dari langkah cara menulis di WordPress. Namun ini sangat penting. Karena bertujuan sebagai correcting tulisan kamu di blog WordPress kamu agar sesuai dengan  standar SEO onpage.

Tujuan akhirnya adalah agar artikel yang kamu buat memiliki value lebih tinggi dan lebih mudah ketika kamu optimasi agar bisa masuk page one di SERP (Search Engine result Page).  Plugin SEO yang menurut saya paling enak di pake adalah rank math dan Yost SEO premium. Kamu bebas mau pakai plugin manapun.

3. Komponen Artikel yang Akan Digunakan

Selain harus mempersiapkan 2 hal diatas, kamu juga harus mempersiapkan komponen pendukung artikel yang akan kamu tulis. Pendukung artikel ini adalah seperti gambar, video atau ilustrasi lain yang bisa memperjelas isi dari konten artikel yang kamu buat.

Lagi-lagi ini bukan tujuan utama dari menulis sebuah artikel. Namun ini penting kamu siapkan. Karena value artikel yang kamu tulis di blog WordPress tersebut bergantung pada kelengkapan data pendukung artikel lainnya.

Langkah-Langkah Cara Menulis di WordPress

Nah, jika kamu sudah selesai mempersiapkan 3 point diatas, maka kamu sudah bisa mulai menulis artikel di log WordPress. Langkah cara menulis di WordPress ini saya bagi menjadi beberapa tahapan, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Login Ke WP-Admin

Langkah pertama, kamu harus log in dulu ke halaman WP-admin WordPress blog kamu. Untuk log in ke halaman WP-admin ini maka yang kamu butuhkan adalah akun untuk log in ke halaman WordPress tersebut. Kurang lebih langkah-langkahnya adalah seperti ini:

  • Bukan halaman WP-admin blog kamu dengan ketik di browser blogkamu.com/wp-admin
  • Lalu akan muncul halaman login ke halaman WordPress
  • Silahkan masukkan username dan pasaword pada kolom yang tersedia
  • Ceklis ingatkan saya agar kamu tetap masuk ke WP-admin saat kamu buka kembali webnya
  • Setela itu, klik log masuk
  • Ilustrasinya seperti ini:
Tutorial Cara Menulis di WordPress [Khusus Pemula]

2. Pilih Post Atau Halaman

Kamu masuk ke halaman dashboard WP-admin, di sana kamu akan menemukan beragam jenis menu yang dapat kamu gunakan untuk melakukan banyak konfigurasi pengaturan situs WordPress yang kamu miliki.

Untuk menulis artikel di WordPress, kamu bisa menulis di halaman (jika ingin bikin halaman) dan menulis di menu pos, jika kamu ingin menerbitkan artikel sebagai postingan konten blog WordPress kamu.

  • Klik menu pos (jika ingin pos artikel) atau klik halaman (jika ingin bikin halaman)
  • Pilih dan klik pada menu add new atau tambah baru
  • Kamu akan di bawa ke halaman postingan WordPress
Tutorial Cara Menulis di WordPress [Khusus Pemula]

3. Mengenal Fitur Posting WordPress

Sebelum mulai menulis, kamu harus tahu dulu beragam jenis fitur yang disediakan WordPress untuk menulis dan memuat artikel. Setiap tahunnya, tampilan dan fitur WordPress ini akan berubah-ubah sesuai dengan pembaharuan yang dilakukannya. Adapun beragam jenis fitur WordPress yang disediakan untuk menulis di versi WordPress 5.5.1-id_ID adalah sebagai berikut:

  • Blok: menu blog ini digunakan untuk menambahkan beragam jenis elemen ke dalam artikel yang ditulis seperti bikin paragraf, tambah gambar, tabel, heading, tambah video, dan beragam jenis elemen lainnya
  • Judul:Menu judul digunakan untuk memasukkan judul artikel yang ditulis
  • Tulis Artikel: menu tulis artikel adalah menu yang digunakan untuk menulis artikel yang akan kita posting
  • pengaturan: Menu pengaturan digunakan untuk mengatur artikel, seperti memilih kategori artikel, atur blok-blok pada artikel, atur permalink, memilih gambar unggulan dan juga atur komen pada artikel
  • Posting:  pada menu posting ada 3 menu yaitu menu simpanke konsep adalah  untuk menyimpan dahulu artikel ke draf sebelum di post, menu pratinjau adalah untuk melihat artikel terlebih dahulu sebelum di pos, menu posting digunakan untuk posting artikel yang sudah selesai ditulis
  • Plugin SEO: Menu plugin SEO ada di bagian bawah artikel bertujuan untuk memasukkan keyword dan analisa konten yang kita tulis
Tutorial Cara Menulis di WordPress [Khusus Pemula]

4. Mulai Tulis Artikel

Setelah kamu paham beragam jenis fitur yang disediakan oleh WordPress untuk menulis artikel. Sekarang kamu tinggal mulai menulis artikel di blog WordPress kamu tersebut. Cara menulis di WordPress ini sangat mudah kok, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih dan klik menu pos
  • Pilih dan klik tambah baru
  • Masukkan judul artikel di halaman judul
  • Tulis artikel pada halaman tulis artikel
  • Untuk kebutuhan analisa konten artikel yang kita tulis, masukkan keyword pada plugin seo yang kita gunakan di bagian bawah
  • Jangan lupa masukan meta deskripsinya
  • Klik simpan ke konsep untuk memastikan artikel tersimpan di draf agar saat mati lapmu artikel tidak hilang

5. Publikasikan Artikel

Jika kamu sudah selesai menulis artikelnya, maka sekarang tinggal kamu publish artikel yang sudah kamu tulis tesebut. Pastikan semuanya sudah selesai dan artikel sudah mendapatkan hasil hijau di plugin seo yang kamu gunakan.

  • Koreksi dulu artikel yang sudah di tulis
  • Klik publish atau posting di pojok kanan atas
  • Artikel akan terposting

Kesimpulan

Nah, itulah proses dan langkah-langkah cara menulis di WordPress yang saya buat khusus untuk pemula. Sangat mudah sekali bukan? Jika ada hal yang kurang dipahami dengan baik dan ada hal yang membingungkan dari artikel ini, tanyakan saja di kolom komentar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed